Klik Sponsor di Bawah

Senin, 07 Februari 2011

Mengapa Terusan Suez - Mesir Amat Penting?

Headline
Sudah jelas Amerika punya kepentingan besar di Mesir, terutama pada terusan Suez, karena terusan Suez ini merupakan jalan lintas untuk mengamgkut minyak mentah dan nuklir ke barat. Ini beritanya bro...


Kekacauan di Mesir membuat kalangan internasional sangat mengkhawatirkan kondisi di Terusan Suez. Mengapa kanal itu begitu penting?
Ada dua hal yang membuat Suez amat penting. Yakni fungsinya sebagai jalur distribusi minyak mentah dunia dan senjata nuklir. Hampir dua juta barel minyak atau sekitar 2% dari jumlah distribusi harian melalui kanal tersebut.
“Ini yang menjadi kekhawatiran. Apa yang terjadi di Mesir dan bagaimana situasi domestik negara tersebut akan berpengaruh terhadap harga minyak, jika Terusan Suez ditutup. Ini mungkin saja terjadi,” ujar Manager Eagle Asset Management, Ed Cowart.
Jika kanal tersebut ditutup, lanjut Cowart, pasokan minyak dari Timur Tengah ke Barat akan membutuhkan lebih banyak waktu. Sebab, kanal tersebut membuat kapal-kapal tanker menghemat jarak hingga 10 ribu km.
“Meski pemerintah Mesir meyakinkan Suez akan terus dibuka, tetap saja pasar masih sedikit khawatir,” ujar Presiden MF Global, John Brady. Suez mendapatkan penjagaan ketat dari Angkatan Laut AS yang bersiaga dengan kapal perang, termasuk yang bertenaga nuklir.
(inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar